Thursday, November 9, 2017

TIPS : MEMAKSIMALKAN PENJUALAN FLASH SALE SHOPEE

Bismillahirrahmanirrahim,

Selamat datang bulan November, bulan yang paling menyenangkan bagi para "smartpreneur" seperti gw. Kenapa ?? karena di bulan2 jelang tutup tahun biasanya akan banyak event yg bisa dijadin peluang buat naikin penjualan. Salah satu event jelang tutup tahun itu di antaranya event angka ganda, mulai dari 10.10, 11.11, dan 12.12. 


Nah tahun ini kebetulan gw dpt kesempatan buat ikutan event yang paling di nanti-nanti oleh para seller yaitu flash sale shopee. Flash sale di shopee ini memang luar biasa berpengaruh buat naikin penjualan karena harga yang dijual di flash sale ini bisa diskon gede banget, belum lagi didukung sama gratis ongkir yang jadi andalannya shopee. 

BAGAIMANA CARA IKUT FLASH SALE SHOPEE ?

Untuk bisa ikut serta di flash sale shopee itu gampang-gampang susah. Yang pertama jaga performance toko dulu. Kalau performance toko bagus biasanya ada pihak dari shopee yang hubungi buat kasih info promo termasuk flash sale ini. Apakah harus star seller ? Enggak. Toko gw (sudah) bukan star seller saat ditawarin ikutan flash sale (kehilangan badge star seller itu sakit tapi ga berdarah..hiks). Hal penting yang perlu dilakukan supaya performance toko bagus ya harus rajin balas chat, cepat kirim pesanan, rajin update stok supaya ga ada pembatalan pesanan, jaga kualitas dan harga. Selama kualitas barang bagus dan harganya juga ringan di kantong pasti gampang kok dapat performance yang bagus.

APA YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGIKUTI FLASH SALE SHOPEE ?




Kalau sudah ada penawaran dari pihak Shopee untuk mengikuti flash sale, perlu di perhatikan hal-hal ini supaya keuntungan yang diperoleh dari flash sale shopee bisa maksimal :

1. Produk yang ikut adalah produk Best Seller dengan stok yang banyak (biasanya minimal 50 pcs)

2. Tentukan harga terbaik

3. Jika produk memiliki beberapa varian dan ada varian yang kosong, saat mendaftarkan untuk flash sale tetap isi saja quantity nya agar tidak mengurangi kuota/jumlah barang yang diikut sertakan dalam flash sale (catatan : hal ini jika varian yang kosong/tidak tersedia adalah varian yang bisa di ganti dengan mudah oleh pembeli. Misalnya : warna atau motif. Jangan mengubah stok kosong dengan varian yang tidak mungkin diganti dengan mudah oleh pembeli, misalnya ukuran. Lebih baik kosongkan daripada harus membatalkan pesanan).

4. Persiapkan pengemasan yang baik. Meskipun penjualan sedang meningkat, kualitas pelayanan dan pengiriman harus tetap dijaga.

5. Persiapkan hal-hal teknis seperti kapasitas baterai handphone / laptop dan kuota internet karena saat flash sale berlangsung, notifikasi akan ramai. Disarankan matikan hp dan login via laptop agar hp Anda selamat.hahaha

6. Siapkan dana tambahan untuk ongkir karena peningkatan penjualan otomatis meningkatkan ongkir yang harus disiapkan untuk kirim pesanan.

7. Istirahat yang cukup dan minum kopi jika perlu karena jadwal flash sale terkadang tengah malam dan lebih baik jika stand by saat flash sale berlangsung untuk menjawab pertanyaan pembeli dengan lebih cepat. Selain itu, sebelum flash sale dimulai banyak hal yang harus dilakukan seperti update stok yang terkadang menjadi sangat melelahkan.

8. Harus ekstra sabar. Produk yang habis terjual saat flash sale belum tentu benar-benar terjual habis. Saat flash sale kebanyakan pembeli adalah pembeli impulsif yang main klik tapi banyak yang ujung-ujungnya ga jadi beli. Lebih ngeselin lagi kalo si pembeli membatalkan pesanan di detik-detik terakhir flash sale atau setelah flash sale berakhir. 

9. Perbanyak ibadah dan doa. Sebaik apa pun menyusun strategi flash sale, rejeki tetap Tuhan yang atur :)

Semoga postingan ini bermanfaat. 

Wassalamualaikum  

4 comments:

  1. Halo ka, saya udah baca utk yg report online shop aka pembukuannya. maaf sebelumnya saya bisa minta contoh file excelnya kah? it means a lot. thanks before :)

    ReplyDelete
  2. halo, tinggalin alamat email aja ya nanti saya kirim via email. terimakasih sudah mampir ke blog saya

    ReplyDelete
  3. Mau tanya klo ikut flash sale yg nanggung selisih hrg siapa ya? Apa disubsidi oleh shopee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya penjual kasih harga promo untuk flash sale ke shopee jadi yg tanggung selisih harga si penjual. Tapi untuk bbrapa sale kadang harga dari penjual masih disubsidi lagi dari shopee

      Delete

Membuat Laporan Penjualan Online Shop dengan Excel

Berawal dari pengalaman kebingungan bikin laporan penjualan untuk online shop gw sendiri karena selalu ngerasa ada yang kurang dari laporan...