Thursday, November 9, 2017

TIPS : MEMAKSIMALKAN PENJUALAN FLASH SALE SHOPEE

Bismillahirrahmanirrahim,

Selamat datang bulan November, bulan yang paling menyenangkan bagi para "smartpreneur" seperti gw. Kenapa ?? karena di bulan2 jelang tutup tahun biasanya akan banyak event yg bisa dijadin peluang buat naikin penjualan. Salah satu event jelang tutup tahun itu di antaranya event angka ganda, mulai dari 10.10, 11.11, dan 12.12.

Nah tahun ini kebetulan gw dpt kesempatan buat ikutan event yang paling di nanti-nanti oleh para seller yaitu flash sale shopee. Flash sale di shopee ini memang luar biasa berpengaruh buat naikin penjualan karena harga yang dijual di flash sale ini bisa diskon gede banget, belum lagi didukung sama gratis ongkir yang jadi andalannya shopee.

BAGAIMANA CARA IKUT FLASH SALE SHOPEE ?

Untuk bisa ikut serta di flash sale shopee itu gampang-gampang susah. Yang pertama jaga performance toko dulu. Kalau performance toko bagus biasanya ada pihak dari shopee yang hubungi buat kasih info promo termasuk flash sale ini. Apakah harus star seller ? Enggak. Toko gw (sudah) bukan star seller saat ditawarin ikutan flash sale (kehilangan badge star seller itu sakit tapi ga berdarah..hiks). Hal penting yang perlu dilakukan supaya performance toko bagus ya harus rajin balas chat, cepat kirim pesanan, rajin update stok supaya ga ada pembatalan pesanan, jaga kualitas dan harga. Selama kualitas barang bagus dan harganya juga ringan di kantong pasti gampang kok dapat performance yang bagus.

APA YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGIKUTI FLASH SALE SHOPEE ?

Kalau sudah ada penawaran dari pihak Shopee untuk mengikuti flash sale, perlu di perhatikan hal-hal ini supaya keuntungan yang diperoleh dari flash sale shopee bisa maksimal :

1. Produk yang ikut adalah produk Best Seller dengan stok yang banyak (biasanya minimal 50 pcs)

2. Tentukan harga terbaik

3. Jika produk memiliki beberapa varian dan ada varian yang kosong, saat mendaftarkan untuk flash sale tetap isi saja quantity nya agar tidak mengurangi kuota/jumlah barang yang diikut sertakan dalam flash sale (catatan : hal ini jika varian yang kosong/tidak tersedia adalah varian yang bisa di ganti dengan mudah oleh pembeli. Misalnya : warna atau motif. Jangan mengubah stok kosong dengan varian yang tidak mungkin diganti dengan mudah oleh pembeli, misalnya ukuran. Lebih baik kosongkan daripada harus membatalkan pesanan).

4. Persiapkan pengemasan yang baik. Meskipun penjualan sedang meningkat, kualitas pelayanan dan pengiriman harus tetap dijaga.

5. Persiapkan hal-hal teknis seperti kapasitas baterai handphone / laptop dan kuota internet karena saat flash sale berlangsung, notifikasi akan ramai. Disarankan matikan hp dan login via laptop agar hp Anda selamat.hahaha

6. Siapkan dana tambahan untuk ongkir karena peningkatan penjualan otomatis meningkatkan ongkir yang harus disiapkan untuk kirim pesanan.

7. Istirahat yang cukup dan minum kopi jika perlu karena jadwal flash sale terkadang tengah malam dan lebih baik jika stand by saat flash sale berlangsung untuk menjawab pertanyaan pembeli dengan lebih cepat. Selain itu, sebelum flash sale dimulai banyak hal yang harus dilakukan seperti update stok yang terkadang menjadi sangat melelahkan.

8. Harus ekstra sabar. Produk yang habis terjual saat flash sale belum tentu benar-benar terjual habis. Saat flash sale kebanyakan pembeli adalah pembeli impulsif yang main klik tapi banyak yang ujung-ujungnya ga jadi beli. Lebih ngeselin lagi kalo si pembeli membatalkan pesanan di detik-detik terakhir flash sale atau setelah flash sale berakhir.

9. Perbanyak ibadah dan doa. Sebaik apa pun menyusun strategi flash sale, rejeki tetap Tuhan yang atur :)

Semoga postingan ini bermanfaat.

Wassalamualaikum

Monday, June 19, 2017

TRIP SUPER SINGKAT KE MALANG (PENTING BAGI YANG BARU PERTAMA KALI KE MALANG)

Bismillahirrahmanirrahim,

Postingan ini agak telat beberapa bulan sih sebenernya, tapi kalo kata pepatah mah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali..hehe

Udah lama banget ga posting soal travelling, kliatan banget gue kurang piknik..hahaha
Gara-gara orderan BKids yg alhamdulillah lagi rame banget setahun kemaren, makanya jarang piknik. Hiburan paling banter ya ngemall itu pun disela-sela belanja stok..hiks..
Sempet sih liburan ke Cirebon sebentar tapi mau posting ga jadi-jadi dan akhirnya cuma jadi draft aja.

Berawal dari puncak kusutnya pikiran karena sibuk urus orderan, suatu malam terjadilah percakapan di grup chatnya BKids antara mbak Bkids 1 (gue) dan mbak BKids 2 (mbak kiwil). Intinya kedua mbak-mbak ini haus akan piknik apalagi mengingat mbak kiwil yang lagi hamil dan bulan depan udah lahiran. Akhirnya kita berdua mutusin buat liburan, belum tau mau kemana tapi tanggal udh ditentuin. 7 - 10 Maret 2017. Sambil chat gw pun iseng buka-buka travel*ka (disensor biar ga ngiklan banget), eh liat penginapan yg kayanya adem banget dan murah meriah, cuma 250 ribu an. Baca reviewnya lumayan bagus akhirnya deal deh kabur ke Malang. Sebenernya udah lama banget pengen ke Malang tapi kalo bikin ittinerary langsung mundur lagi, soalnya takut kelamaan di jalan aja malah ga bisa kemana2 kalo cuma sebentaran. Tapi kali ini saking kusutnya, gue dan mbak kiwil rela deh biar pun cuma semalem liburannya (makanya judulnya TRIP SUPER SINGKAT hehe). Gak pake pikir panjang, gw pun langsung booking penginapannya utk 1 malam plus cari tiket kereta pp utk 3 orang (gw, mbak kiwil, dan si bocil anaknya mbak kiwil), bayar, kelar (dan mbak kiwil cuma bisa geleng-geleng begitu gw kirim screenshoot bukti pembayarannya 5 menit kemudian wkwkwwk).

MALANG WE'RE COMING !!
Kami sengaja pakai kereta ke Malang supaya bisa liat lebih banyak pemandangan apalagi Malang termasuk ujungnya Pulau Jawa, biar si bocil bisa tau banyak tempat biarpun cuma ngelewatin aja hahaha. Berangkat dari Depok jam 2 siang ke Gambir pakai Go-Car biar lebih santai dibanding naik KRL apalagi bawa mamak-mamak yg lagi hamil 8 bulan. Jam 4 an kami sudah sampe di Gambir dan seperti biasa isi perut dulu di warungnya kolonel sanders karena kereta Gajayana yang bakal ngangkut kami ke Malang berangkat jam 17.45 jadi pas di kereta udah kenyang tinggal tidur deh. Perjalanan ke Malang naik kereta itu....lamaaaa banget *LOL. Untungnya naik kereta eksekutif jadi nyaman aja sih cuma pas paginya toilet di kereta ga ada air dan banyak penumpang yang nekat pipis ga disiram..hiksss
Perjalanan 16 jam di kereta pun jadi ga terlalu membosankan karena bisa sambil liat banyak pemandangan yang bikin mata adem.

Dan perjalanan 16 jam pun segera berakhir kalo udah lihat pemandangan "santorini alike" ini di sebelah kiri :)

Sekitar jam 9.30 kereta kami sampai di Malang, kami pun memutuskan mampir sarapan dulu di restoran fastfood yang ada di stasiun. Sambil makan, gue pun coba cari angkutan online buat ke penginapan (karena sebelum memutuskan buat ke Malang, gw udah cari info kalo udah ada angkutan online di Malang). Ternyata kami ga dapet angkutan online. Selesai makan pun kami langsung ke luar cari alternatif angkutan lain yang bisa antar kami sampai ke penginapan yang ada di daerah Batu.

Di depan stasiun, kami coba cari taksi tapi ga ada satu pun yang muncul dan anehnya di depan stasiun banyak polisi plus angkot yang semuanya ngetem. Sebagai orang yang baru pertama ke Malang, kami mulai bingung plus panik, dan dari info tukang ojek yang ada di depan stasiun ternyata lagi ada demo angkutan umum menolak angkutan online..yasalaaaaammm..piye iki..
Pertama kali ke Malang dan ga ada angkutan. Bingung deh.
Tukang ojek dan tukang becak di sekitar stasiun bilang kalo naik mobil polisi atau bus gratis yang disediain aja. Dalem hati gue "yang bener aja broooo".
Gw coba telpon ke penginapan buat nanya barangkali dari penginapan nyediain mobil buat jemput di stasiun, tapi sayangnya ga ada..hiks

Akhirnya pasrah, melipir nyamperin polisi yang lagi pada tugas. Di sekitar stasiun udah banyak wartawan yang ngeliput juga, kemudian ada polwan yang nyamperin nanya mau kemana. Gw jawab mau ke Batu, eh disuruh naik mobil polisi. Sumpah ya itu berasa masuk patroli indosiar. Iya sih bokap nyokap gw polisi juga tapi seumur-umur jadi anak polisi baru kali ini gw diangkut mobil polisi tanpa emak bapak gw *LOL

Jadi hari itu semua yang butuh angkutan buat ke Batu atau daerah lain diangkut pake mobil polisi atau bus yang udah di sediain. Mobil-mobil itu cuma antar sampe Landungsari, dari Landungsari baru deh naik bus ke tujuan masing-masing. Di mobil polisi yang gw tumpangin kebetulan bareng sama ibu-ibu yang tujuannya searah sama penginapan yang gw booking, gw pun agak lega karena ga perlu bingung di bus. Dan kebingungan terjadi lagi saat si ibu turun di terminal. Gw pun ikut turun (kirain kan searah) tapi abis itu bingung posisi penginapan gw dimana. Untung kernet busnya paham baca raut wajah gw dan tim yang planga plongo kebingungan (untungnya ga ketemu orang jahat di jalan hahah). Si kernet bilang kalo tujuan gw masih lanjut lagi, akhirnya gw naik ke bus lagi. Di bus pak kernet nanya lagi tujuan gw kemana. Gw bilang jalan Sultan Agung. Eh diturunin di depan Koramil. Untungnya ada pangkalan ojek di situ. Mas-mas ojeknya langsung sigap nanya mau kemana dan akhirnya sepakat nganterin ke penginapan. Lucunya adalah jarak dari pangkalan ojek ke penginapan cuma lurus 50 meter kemudian belok kiri 250 meter an. Dalam kamus lain bisa disebut "deket brooo" hahaha. Pas mau bayar si masnya ga matok tarif, akhirnya kami bayar 10 ribu berdua. itu udah girang banget masnya. Sebelum kabur dia sempet ngasih nomer handphone siapa tau kami butuh buat anter-anter, dan emang mbak-mbak Bkids butuh banget jasa si masnya mengingat kita berdua ga bisa bawa motor dan biasa mengandalkan ojek online kemana-mana.

Jam 11 an kami check in, penginapannya itu strategis banget karena persis di sebelah pasar pakiran alias gerbang masuk Jatim Park 1. Karena weekday jadi yang nginep ga banyak jadi penginapan yang konsepnya ala villa itu berasa milik sendiri. Kami pun ga mau melewatkan foto-foto di tempat adem begitu.

JALAN-JALAN DI MALANG
Selepas dzuhur, kami pun hubungi si mas ojek yang tadi antar kami ke penginapan buat anter ke Jatim Park 2. Jarak dari tmpt kami nginap ke Jatim Park 2 ga terlalu jauh sebenarnya, tapi lumayan kalo jalan kaki. Ga lama si mas ojek dan bapak ojek yg tadi antar kami udah nongol di depan penginapan. Sepuluh menit kemudian kami udah di depan Jatim Park 2. Kami pun beli tiket paket museum satwa dan batu secreet zoo. Tujuan pertama kami ke museum satwa yang isinya binatang-binatang yang sudah di awetkan.

Dari museum satwa, kami lanjut ke Batu Secret Zoo yang lokasinya ada di sebelah museum satwa. Beda dari museum satwa, Batu Secret Zoo ini isinya binatang yang masih hidup.

Di kebun binatang ini juga kita bisa lihat yang namanya kelinci laut seperti gambar di bawah ini *LOL

Setelah kecapekan di Jatim Park 2, kami lanjut ke Museum Angkut. Seperti biasa kami hubungi mas ojek buat jemput dan antar kami ke museum angkut.

Di perjalanan ke museum angkut, mas ojek nanya ke gw setelah dari museum angkut mau kemana. Gw pun jelasin rencana perjalanan gw yg cuma sebentar di Malang itu. Dari museum angkut ke BNS, lanjut beli ketan duren di alun-alun, besoknya tinggal cari oleh-oleh setelah checkout lanjut ke stasiun untuk pulang dan ga lupa mampir ke Toko Oen sambil nunggu kereta. Si mas ojek pun nawarin untuk ke wisata lain kaya petik apel, bukit paralayang, sampai pantai2 di Malang. Sayangnya liburan gw cuma sebentar.

Keliling museum angkut itu bener2 nguras tenaga karena banyak banget spot bagus yang sayang kalo dilewatin buat foto2 apalagi kalo bawa anak-anak, dijamin susah diajak pulang. Kami pun selesai keliling museum angkut setelah magrib. Saking capeknya akhirnya rencana ke BNS batal dan milih buat mampir ke alun-alun buat beli ketan dan jajanan lain di sana. Beres jajan balik ke penginapan. Dari museum angkut ke alun-alun pun kami pake jasa si mas ojek (bener-bener pahlawannya kami selama di Malang nih masnya sama bapaknya). Sampe penginapan kami pun bersih2 dan langsung tidur saking capeknya.

Besok paginya, kami sarapan sambil ngobrolin rencana sebelum pulang mau kemana aja. Oh iya, di tempat kami nginap disediain free breakfast, salah satu menunya nasi goreng yang enak banget plus minumannya teh yang menurut gw rasanya khas banget. Enaklah pokoknya.

Sebelumnya kami sempet rencanain buat ke tempat petik apel yang ditawarin sama mas ojeknya, tapi berhubung kaki udh pegel dan kata mbak kiwil klo apel malang sih banyak di pasar rebo (ngakak) akhirnya rencana ke petik apel pun batal. Kami pun cuma leyeh2 di kamar sambil nunggu waktu check out.

Setelah checkout kami minta mas ojek untuk antar beli oleh-oleh, kami pun diantar ke pusat oleh-oleh yang letaknya ga terlalu jauh dari penginapan. Tempat oleh-oleh yang kami datangi tempatnya mirip toserba, jadi hampir semua oleh-oleh khas malang atau Jawa Timur ada disana. Mulai dari makanan seperti keripik apel sampai souvenir khas Malang berupa kaos atau kerajinan tangan. Oleh-oleh yang wajib dibeli kalau berkunjung ke Malang menurut gw : keripik apel atau keripik buah lainnya, teh apel, dan sambel kacang (ini sambel kacangnya enak banget menurut gw dan orang rumah). Selesai beli oleh-oleh, kami meluncur ke strudel Malang yang lagi hits. Setelah itu motor RX King si mas ojek meluncur ke stasiun Malang buat mengantar kami pulang. Enaknya keliling Batu Malang pakai motor itu bisa ngerasain udara sejuk khas pegunungannya Batu. Selain itu, si mas dan bapak ojek yang sedari kemarin bolak balik antar kami kesana kemari ga matok tarif kaya di daerah-daerah wisata lain yang kadang bikin emosi kalo kasih harga.

Tadinya mau mampir ke Toko Oen sambil nunggu kereta, tapi karena khawatir kalo ga ada angkutan lagi akhirnya kami mutusin buat nunggu kereta di stasiun aja.

Beda sama pas berangkat, pulang ke Jakarta kami naik kereta ekonomi yang bangkunya sempit dan penumpangnya kebanyakan bawa barang banyak banget. hiksss nasib.
Dan 16 jam di kereta ekonomi bikin kaki gw dan mba kiwil bengkak karena ga bisa selonjor.
Biarpun banyak malangnya, tapi gw pribadi ga kapok liburan ke Malang. Masih mau balik lagi karena masih banyak yang mau di kunjungi.

Tips buat yang mau liburan ke Malang :
1. Tentuin tujuan mau kemana aja, jadi bisa enak nentuin tempat nginep mau di Malang ata Batu.
2. Lebih baik pilih waktu saat weekday karena penginapan dan tempat rekreasi lebih murah
3. Keliling pakai motor. Udara di Malang apalagi Batu masih sejuk banget sayang aja kalo dilewatin begitu aja
4. Kalo memungkinkan lebih baik pakai pesawat karena lebih hemat waktu, kecuali kalo pengen liat banyak pemandangan di jalan kaya gw.
5. Untuk yang butuh jasa ojek buat keliling Batu atau Malang, atau butuh info penginapan di sekitar Batu, bisa hubungi Mas Ojek yg nganter gw kemana-mana saat di Batu bisa via WA/SMS/ Telepon (Mas SUTRIS : 08992666261). Mas Sutris ini enak banget kalo diminta tolong anter keliling, selain itu dia juga punya info untuk sewa tempat menginap untuk rombongan mulai dari homestay sampai villa.

Sekian cerita jalan-jalan super singkat gw di Malang, semoga bermanfaat.
Happy Travelling.

Wassalamualaikum :)

Dikirimin foto-foto ini sama si Mas Ojek, jadi agak nyesel karena ga sempet mampir ke wisata petik apel karena kayanya di Pasar Rebo ga ada apel Malang yang menor-menor begini (>_<)

Membuat Laporan Penjualan Online Shop dengan Excel

Berawal dari pengalaman kebingungan bikin laporan penjualan untuk online shop gw sendiri karena selalu ngerasa ada yang kurang dari laporan...